HASIL SURVEY PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN
MAHKAMAH SYAR'IYAH SUKA MAKMUE
Hasil penyusunan Survey Persepsi Kualitas Pelayanan pada Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue pada Tahun 2024 Triwulan II mempunyai kategori SANGAT BAIK, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang SKM adalah 3.66 atau konversi IKM sebesar 91.50%.
Berikut adalah tabel nilai persepsi, interval IKM, interval konversi IKM, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan menurut Permenpan RB No 14 tahun 2017 :
NILAI PERSEPSI |
NILAI INTERVAL SKM |
NILAI INTERVAL KONVERSI SKM |
MUTU PELAYANAN |
KINERJA UNIT PELAYANAN |
1 |
1,00-2,59 |
25,00-64,99 |
D |
Tidak baik |
2 |
2,60-3,06 |
65,00-76,60 |
C |
Kurang baik |
3 |
3,06-3,53 |
76,61-88,30 |
B |
Baik |
4 |
3,53-4,00 |
88,31-100,00 |
A |
Sangat baik |
Berbagai unsur yang terkandung dalam kuisioner dapat dijadikan suatu acuan untuk melihat sistem pelayanan, dan secara rinci dapat dijadikan suatu pedoman perbaikan kinerja. Sehingga dari indeks per unsur ini dapat digunakan untuk melihat kekurangan dari sistem di suatu unit kerja, keluhan masyarakat, hal-hal yang harus diutamakan, unsur yang harus ditingkatkan dan harus dipertahankan.
Ada dua hal penting yang harus diutamakan dalam memaksimalkan kinerja di sektor pelayanan publik. Pertama adalah indikator efisiensi yang dapat dilihat dari mudahnya mendapatkan informasi pelayanan oleh masyarakat, kecepatan pelayanan dan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Kedua adalah indikator sufisiensi yang dapat dilihat dari bagaimana menyikapi keluhan dari masyarakat, tidak terdapatnya diskriminasi dalam pelayanan serta pelayanan yang ada memang dibutuhkan oleh masyarakat.
NILAI RATA-RATA UNSUR PELAYANAN MAHKAMAH SYAR’IYAH SUKA MAKMUE
No |
Unsur Pelayanan |
Nilai Unsur Pelayanan |
Mutu Pelayanan |
1 |
Informasi Pelayanan Pada Unit Layanan Ini Tersedia Melalui Media Elektronik Maupun Non Elektronik |
4,00 |
Sangat Baik |
2 |
Persyaratan Pelayanan yang Diinformasikan sesuai dengan Persyaratan yang Ditetapkan Unit Layanan ini |
3,81 |
Sangat Baik |
3 |
Prosedur/Alur Pelayanan yang Ditetapkan Unit Layanan ini Mudah Diikuti/Dilakukan |
3,72 |
Sangat Baik |
4 |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan yang diterima Bapak/Ibu sesuai dengan yang ditetapkan unit layanan ini |
3,65 |
Sangat Baik |
5 |
Tarif/Biaya pelayanan yang dibayarkan pada unit layanan ini sesuai dengan tarif/biaya yang ditetapkan |
3,09 |
Sangat Baik |
6 |
Sarana prasarana pendukung pelayanan/sistem pelayanan online yang disediakan unit layanan ini memberikan kenyamanan/mudah digunakan |
3,65 |
Sangat Baik |
7 |
Petugas pelayanan/sistem pelayanan online pada unit layanan ini merespon keperluan Bapak/Ibu dengan cepat |
3,49 |
Sangat Baik |
8 |
Layanan konsultasi dan pengaduan yang disediakan unit layanan ini mudah digunakan/diakses |
3,88 |
Sangat Baik |
Rata-Rata Kualitas Pelayanan |
3,66 |
Sangat Baik |
Berdasarkan Tabel menunjukkan bahwa 8 dari 8 unsur pelayanan memiliki kualitas pelayanan yang Sangat Baik baik. Seluruh unsur pelayanan Mahkamah Syar'iyah Suka Makmue yang dinilai oleh masyarakat mendapatkan mutu pelayanan yang Sangat Baik.
Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat dapat diunduh melalui link dibawah ini