logo

Written by MUH. ARIF SYUKUR NUGERAHA, S.T on . Hits: 43

logo2

SEJARAH

MAHKAMAH SYAR'IYAH SUKA MAKMUE

Sejarah

Pada tanggal 2 Juli 2002 Nagan Raya secara resmi telah menjadi Kabupaten baru.  Kabupaten Nagan Raya merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. Pemekaran Kabupaten Nagan Raya menjadi Kabupaten baru berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, Dan Kabupaten Aceh Tamiang, Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya adalah Suka Makmue.

Meskipun telah berdiri sejak tahun 2002, namun Kabupaten Nagan Raya belum mempunyai Mahkamah Syar’iyah sendiri. Sehingga secara yurisdiksi Kabupaten Nagar Raya masih masuk dalam wilayah Mahkamah Syar’iyah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Secara geografis hal ini sangat menyulitkan masyarakat Kabupaten Nagan Raya yang akan berperkara melalui Mahkamah Syar’iyah. Melihat kondisi tersebut di atas maka Mahkamah Syar’iyah Aceh berinisiatif untuk mengusulkan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue.

Pada tahun 2016 melalui Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Mahkamah Syar’iyah Blangpidie, Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, Dan Mahkamah Syar’iyah Kota Subulussalam, Kabupaten Nagan Raya secara resmi mempunyai Mahkamah Syar’iyah sendiri dengan nama Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue. Nama tersebut di ambil dari nama Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya yaitu Suka Makmue.

Meskipun Keputusan Presiden tentang pendirian Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue sudah ada sejak tahun 2016, akan tetapi untuk operasionalnya Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue baru efektif sejak tanggal 1 November 2018. Tepatnya setelah Ketua Mahkamah Agung RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 183/KMA/IX/2018 Tentang Penetapan Tanggal Dan Tempat Operasional Pengadilan Baru. Dimana persesmian opersional Pengadilan baru tersebut dilaksanakan di Pulau Melonguane, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 22 Oktober 2018.

Untuk melaksanakan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI tersebut di atas, maka Mahkamah Agung melalui Mahkamah Syar’iyah Meulaboh sebagai satker induk telah melakukan upaya kerja sama kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nagan Raya dalam rangka menyedikan gedung dan tanah bagi Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya telah menyambut baik kerja sama tersebut dengan memberikan hibah tanah kepada Mahkamah Agung RI untuk pembangunan gedung Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue seluas 10.000 m2 yang beralamat di Jalan Poros Utama , Komplek Perkantoran Pemda Nagan Raya, Gampong Suak Bilie  Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Pemberian Hibah ini berdasarkan sertifikat Hibah Nomor 00003 tanggal 16 Nopember 2017.

Adapun untuk sementara, operasional Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, menggunakan gedung MTQ Kabupaten Nagan Raya yang beralamat di jalan poros utama, alun-alun, Komplek perkantoran Kabupaten Nagan Raya, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, yang merupakan pinjam pakai dari pemerintah daerah kabupaten Nagan Raya.

Hubungi Kami

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Info Pelayanan

Jam Kerja

Senin-Kamis : 08.00 - 16.30 WIB

Jum'at : 08.00 - 17.00 WIB

Istirahat

Senin-Kamis : 12.30 - 13.30 WIB

Jum'at : 12.00 - 13.30 WIB

Jadwal Sidang

Selasa, Rabu dan Kamis : 09.00 - Selesai

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti jam pelayanan BANK

Copy Right © 2019 | Edited By IT MS SUKA MAKMUE