logo

Written by FAISAL on . Hits: 36

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT 

Hasil  penyusunan  Survey  Kepuasan  Masyarakat  pada  Mahkamah  Syar’iyah Suka Makmue pada Tahun 2020 mempunyai kategori SANGAT BAIK, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang SKM adalah 3.59 atau konversi IKM sebesar 89.81%.

Berikut adalah tabel nilai persepsi, interval IKM, interval konversi IKM, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan menurut Permenpan RB No 14 tahun 2017 :

NILAI

PERSEPSI

NILAI

INTERVAL SKM

NILAI INTERVAL

KONVERSI SKM

MUTU

PELAYANAN

KINERJA

UNIT PELAYANAN

1

1,00-2,59

25,00-64,99

D

Tidak baik

2

2,60-3,06

65,00-76,60

C

Kurang baik

3

3,06-3,53

76,61-88,30

B

Baik

4

3,53-4,00

88,31-100,00

A

Sangat baik

Berbagai unsur yang terkandung dalam kuisioner dapat dijadikan suatu acuan untuk melihat sistem pelayanan, dan secara rinci dapat dijadikan suatu pedoman   perbaikan   kinerja.   Sehingga   dari   indeks   per   unsur   ini   dapat digunakan untuk melihat kekurangan dari sistem di suatu unit kerja, keluhan masyarakat,  hal-hal  yang  harus  diutamakan,  unsur  yang  harus  ditingkatkan dan harus dipertahankan.

Ada dua hal penting yang harus diutamakan dalam memaksimalkan kinerja di sektor pelayanan publik. Pertama adalah indikator efisiensi yang dapat dilihat dari mudahnya mendapatkan informasi pelayanan oleh masyarakat, kecepatan pelayanan dan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Kedua adalah  indikator  sufisiensi  yang  dapat  dilihat  dari  bagaimana  menyikapi keluhan  dari  masyarakat,  tidak  terdapatnya  diskriminasi  dalam  pelayanan serta pelayanan yang ada memang dibutuhkan oleh masyarakat.

TABEL 3.3 NILAI RATA-RATA UNSUR PELAYANAN MAHKAMAH SYAR’IYAH SUKA MAKMUE

No.

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur Pelayanan

Mutu Pelayanan

1

Kesesuaian persyaratan pelayanan

                3,73

    Sangat Baik

2

Kemudahan prosedur pelayanan

               3,74

    Sangat Baik

3

Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan

               3,59

    Sangat Baik

4

Kewajaran biaya/tarif dalam

pelayanan

               2.20

     Tidak baik

5

Kesesuaian produk pelayanan

               3,77

   Sangat Baik

6

Kompetensi/kemampuan petugas

               3,62

    Sangat Baik

7

Perilaku petugas pelayanan

               3,58

    Sangat Baik

8

Kualitas sarana dan prasarana

               3,56

    Sangat Baik

9

Penanganan pengaduan pengguna

layanan

               3,73

    Sangat Baik

Rata-rata tertimbang

               3,50

           Baik

 

Berdasarkan Tabel 3.3 dan Grafik 3.1 menunjukkan bahwa dari 1 unsur pelayanan memiliki kualitas pelayanan yang tidak baik dan 8 unsur pelayanan memiliki kualitas yang sangat baik. Unsur pelayanan yang dinilai masyarakat memiliki kualitas sangat baik adalah unsur Kesesuaian produk pelayanan, Kemudahan prosedur pelayanan dan Kesesuaian persyaratan pelayanan.

Hubungi Kami

Tautan Aplikasi

Info Pelayanan

Jam Kerja

Senin-Kamis : 08.00 - 16.30 WIB

Jum'at : 08.00 - 17.00 WIB

Istirahat

Senin-Kamis : 12.30 - 13.30 WIB

Jum'at : 12.00 - 13.30 WIB

Jadwal Sidang

Selasa, Rabu dan Kamis : 09.00 - Selesai

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti jam pelayanan BANK

Copy Right © 2019 | Edited By IT MS SUKA MAKMUE